MEMULAI BISNIS KULINER

Tanya:
Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam Hormat saya sampaikan kepada Bang Budi Cahyadi, semoga senantiasa ada dalam lindungan  Allah SWT.Amin

Bang, saya seorang mahasiswa perguruan tinggi di Cirebon yang punya tekad kuat untuk mandiri tanpa dibiayai oleh orang tua, malah ingin sebaliknya ingin membantu orangtua dalam segi perekonomian. 
dahulu mungkin saya tak terlalu melirik wirausaha, malah lebih seneng main-main tapi sekarang saya sangat tertarik mendalami dunia interpreneur karena ini bisa membantu kemandirian saya serta malah jika berkembang akan menjadi bermanfaat bagi orang lain.

Saya mempunyai konsep membikin restoran sunda yang saya kira ini menjadi pilihan tepat untuk dikembangkan di Cirebon karena sangat diminati, tapi untuk pemula seperti saya, saya terkendala oleh Modal yang mungkin begitu besar.

Bagaimana menurut abang  agar saya bisa mengimplementasikan usaha saya ini??kemana saya harus cari investor?dan jika proposal dibutuhkan, kemana saya harus mengajukannya?


Terimakasih bang atas kesempatannya...

Wassalamualaikum Wr.Wb

Azis di Cirebon

Jawab:
Amin YRA, terima kasih doanya sdr. Azis.... Saya sangat senang melihat anak muda dengan semangat perubahan seperti anda. Menurut saya, apalagi yang anda tunggu!! wujudkan sekarang cita-cita anda memiliki bisnis kuliner Masakan Sunda.. begini tahapannya...

Riset Jenis Masakan untuk Menentukan Produk dan Rasa

  • Anda harus melakukan riset terkait Masakan Sunda untuk menentukan produk apa yang akan dijual nanti, karena begitu banyak ragam masakan Sunda tentunya tidak bisa semua anda jual bukan? Saran saya pilih masakan Sunda yang populer dengan cita rasa kampung ini akan lebih disukai, misal nasi Liwet, Nasi Bakar, Ayam Goreng Laja/Lengkuas, Perkedel, Pepes-Pepesan seperti Pepes Teri, Pepes Tahu, Pepes Jamur dan Pepes Ikan. Kalo berani bahkan anda tawarkan Semur Jengkol yang akan menjadi sensasi tersendiri.
  • Dalam tradisi masakan Sunda, menu yang wajib ada dan harus menjadi andalan SAMBAL dan Lalapan. Anda wajib melakukan riset mendalam mengenai sambel ini. Saran saya buat sambal dadak yaitu mendadak dibuat/diulek saat pembeli datang. Sambal Dadak Sunda terbaik menurut versi lidah saya sebagai orang Sunda yang bisa menjadi referensi anda adalah RM Ciganea, RM Ceu Imas Kebon Kalapa, RM Bu Ani Jatiluhur Purwakarta, RM Purbasari Cileunyi, RM Ampera, atau anda misalnya punya family/rekan yang kalo bikin sambal membuat anda ketagihan, bisa minta resepnya. Anda harus riset dan sering latihan/percobaan sampai sambal buatan anda bikin orang yang makan nambah nasi ini kuncinya. Untuk lalapan pilih lalap yang umum-umum saja seperti mentimun, daun saladah, kubis dan kemangi, bila ingin lebih ekstrem bisa tambahkan daun Sintrong, Salada Air atau daun Jambu Mete.
  • Setelah anda lakukan riset untuk menentukan jenis masakan yang akan dijual, anda lakukan riset atas rasa masakan tersebut dengan melakukan banyak banyak kunjungan ke rumah makan sunda atau silaturahim ke family/rekan orang Sunda Asli. Anda harus riset dan sering latihan/percobaan sampai masakan buatan anda bikin orang yang makan suka dan ketagihan. 
  • Apakah riset ini mahal?? menurut saya tidak, anda bisa lakukan sambil jalan-jalan bersama keluarga, ajak orang tua anda sambil mempererat hubungan dengan mereka anda dibayarin toh? Lalu percobaan masakan bisa anda lakukan di rumah bersama ibu sendiri, akan sangat seru dan ibu akan selalu mendukung rencana anaknya. 
  • Undang teman-teman dan family anda dari berbagai usia untuk mencoba masakan Sunda anda, mintakan pendapat mereka, setiap kritikan dan masukan adalah obat dan vitamin, dengarkan, evaluasi kesalahan lalu perbaiki. Lakukan berulang-ulang sampai yakin masakan anda berkualitas dan akan laku dijual.

Riset Lokasi Tempat Anda Berjualan Masakan Sunda
  • Banyak yang bilang bila rasa sudah enak, lokasi dimanapun akan dicari pembeli. Saya setuju pendapat tersebut, tapi untuk pemula dengan modal pas-pas an, menurut saya kurang tepat, karena mencari dan membangun pelanggan itu butuh proses dan waktu panjang, maka pemilihan lokasi yang strategis akan lebih memudahkan pembeli datang, bahkan tanpa promosipun orang lalu lalang dapat melihat dan mendatangi langsung tempat kita berjualan.
  • Lokasi strategis kan mahal biaya sewanya? tentu saja, bila anda membuka bisnis kuliner sekelas Rumah Makan terkenal, tapi mulailah dengan lokasi KAKI LIMA yang gratis, atau lahan parkir waralaba terkenal seperti Alfamart/Indomart yang menyewakan space untuk berjualan dengan sewa sekitar Rp. 300.000/bulan, cukup effisien bukan?
  • Buatlah booth apakah itu bentuknya Gerobak atau Booth Modern seperti yang marak saat ini. Buatlah sign yang mencolok seperti spanduk warna cerah. Lihatlah suksesnya pedagang Pecel Lele Lamongan karena spanduk dengan warna dan gambar mencolok, atau pedagang Sate Madura dengan Kain Hijau Noraknya, tapi keduanya sukses menarik perhatian calon pembeli.  
Action Kumpulkan Peralatan Masak dan Makan
  • Bila anda membuat rumah makan dengan peralatan yang mewah saya jamin cita-cita anda akan sulit terwujud, tapi mulailah dengan barang-barang di rumah orang tua anda. bicaralah dengan ibu anda perihal rencana anda dan mintalah bantuan beliau untuk "mengikhlaskan" peralatan masaknya dipakai anaknya berjualan, insya Allah beliau akan mensupport anda, karena saya pernah lakukan itu. 
  • Saya yakin sebagian besar peralatan masak dan makan ada di rumah anda, sekurangnya anda bisa beli dengan budget yang disesuaikan dengan dana yang anda miliki, misalnya gunakan piring rotan yang murah meriah setahu saya harganya hanya Rp. 40 ribuan per lusin, anda tinggal tambahkan daun/kertas nasi, jadilah piring makan ekslusif bukan, dan ingat cara makan orang sunda itu pake tangan maka anda akan irit membeli sendok dan garpu walaupun anda harus sediakan tempat cuci tangan yang bersih.
  • Cium dan peluklah ibu anda sebagai tanda terima kasih dan jangan lupa ganti dengan yang lebih baik bila suatu saat anda sukses, misalnya dengan mengumrohkan ibu anda, Amin YRA.

Action Ajak Teman untuk Menjadi Team
  • Belum dapat untung sudah rekrut karyawan, ya pasti mahal mas...tapi jadikan anda sebagai Direktur Azis RM Sunda, sekaligus merangkap Manager operasional, Manager Pemasaran, Tukang Masak/Chef, Pramuniaga, Cleaning Service dan lain-lain. Anda wajib lakukan sendiri, dengan tangan sendiri mulai dari belanja bahan, memasak, menyiapkan tempat, melayani pembeli sampai mencuci piring. Nikmatilah semua proses tersebut karena itulah bekal terbaik saat usaha mulai berkembang, anda tinggal rekrut karyawan lalu latih mereka sesuai standard anda, maka anda akan jadi juragan.
  • Bila anda tidak bisa masak, anda bisa ajak teman-teman, saudara atau bila perlu orang tua yang pinter masak untuk membantu memasak dan membantu dalam bisnis ini, berikan mereka bagi hasil yang layak sebagai honor, fahamkan kepada mereka indahnya dan capeknya berjuang suatu saat akan menikmati hasilnya bersama.

Rancang Strategi Marketing & Promosi
  • Mintalah bantuan tenaga konsultan marketing untuk merancang produk, strategi marketing dan promosi, insya Allah cita-cita anda membuka bisnis kuliner akan semakin jauh dari kenyataan karena biaya konsultan marketing itu mahal, nah sekarang anda tinggal ucapkan Bismillah... insya Allah anda akan menjadi konsultan marketing handal untuk bisnis anda sendiri begini caranya.
  • Rancang nama/brand Rumah Makan anda, misal RM Mang Azis Sunda Tulen, atau RM Ayam Laja, atau RM Liwet Juara mengambil nama dari produk andalan, silahkan riset, fikirkan dan putuskan. Jangan minder tapi Percaya Diri saja walaupun anda jualan di Kaki Lima tapi Brand Rumah Makan, senyum saja bila ada protes, jelaskan bahwa nama Rumah Makan tersebut adalah Visi/Cita-cita anda memiliki  Rumah Makan yang besar dan hebat.
  • Desain logo brand Rumah Makan anda, saya yakin anak-anak muda sekarang mahir aplikasi Photoshop atau Corel, atau kalau tidak bisa mintalah bantuan teman untuk mendesain logo, biasa dengan ucapan terima kasih yang tulus dan traktir makan gratis insya Allah teman anda desainer grafis akan senang membantu anda.
  • Desain dan cetak spanduk dengan brand Rumah Makan anda, tidak salah anda tampilkan foto produk andalan. Spanduk yang bagus adalah jelas terbaca tulisan dan gambarnya.
  • Buat kartu nama yang mencantumkan brand RM anda, alamat dan nomor kontak, lalu bagikan kepada handai taulan anda, insya Allah mereka akan mendatangi tempat anda, biaya mencetak kartu nama saat ini sekitar Rp. 25 ribuan/box.
  • Buat akun di media social seperti twitter, Facebook, Instagram, Path dan lain-lain, rajin-rajinlah menulis status, upload foto-foto menu makanan dan cerita anda membangun bisnis kuliner tersebut, insya Allah orang Indonesia sentimentil dan senang dengan cerita-cerita seperti itu, pengalaman saya tidak butuh waktu lama RM makan anda akan terkenal.
Hitung Kebutuhan Modal
Bila tahapan diatas anda laksanakan, berikut estimasi kebutuhan modal awal usaha Rumah Makan anda:
- Riset Menu Masakan Rp. 500.000 (bisa gratis bila ortu yang bayar)
- Percobaan membuat masakan Rp.  1.000.000 (bisa gratis bila ortu yang biayain) 
- Pembuatan Gerobak/Booth Rp. 4.000.000 (kisaran Rp. 2 - 5 jt)
- Peralatan Masak & Makan Rp. 2.000.000 (bisa gratis bila pake barang ortu)
- Modal Kerja Rp.  2.000.000
- Spanduk & Kartu Nama Rp. 200.000
- Pulsa Akun Media Social Rp. 100.000 
Total Estimasi Modal  Rp. 9.300.000

Menurut Saya modal sebesar itu bukanlah hal sulit, anda menghadap orang tua untuk mendapat "Pinjaman Modal" awal akan membuat orang tua bangga terhadap anda.

Ekspansi Wujudkan Mimpi Miliki Restaurant

  • Jalani dengan sukacita tahapan berjualan di Kaki Lima atau di area dengan biaya sewa terjangkau, asal kualitas produk, rasa, pelayanan, kebersihan dijaga dan harga terjangkau Insya Allah produk anda akan laris manis.
  • Rajin-rajinlah menabung bila mendapat keuntungan, bila dana telah cukup gunakan untuk menyewa atau mencicil tempat usaha permanen yang lebih representatif.
  • Bila usaha sudah rame, Insya Allah investor akan berdatangan membawa sokongan dana menawarkan kerjasama mulai dari perorangan atau bank tanpa anda harus repot bikin proposal, karena proposal paling penting adalah usaha anda yang menjanjikan keuntungan bagi investor, saat itulah anda akan siap naik kelas ke level yang lebih tinggi dan wujudkan miliki restaurant sesuai mimpi anda.
Selamat Action Jangan Pake Lama sebelum ide ini diambil orang lain....semoga sukses.


Hormat Saya


Budi Cahyadi
Support by:
Perlu Interior & Furniture Rumah Makah/Hotel? www.dapurmodern.net, Juara Desain, Kualitas & Harganya

Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:
e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333


GUARANTEE FREE
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Amisha
admin
6 March 2019 at 09:43 ×

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Congrats bro Amisha you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar