Picture Property muvtizarsolichin.wordpress.com
Tanya:
Yth. Bapak Budi, saya mau berkonsultasi mengenai pembukaan cabang jasa klinik Hypnoterapi dan Training Centre milik teman di Jakarta. Teman saya tidak meminta biaya Franchise, hanya minta 20% dari omzet kotor untuk semua bentuk terapi dan 30% untuk training yang kami lakukan di Bandung. Modal tempat dan semua biaya terapis dan trainer menjadi tanggungan saya.
Pertanyaan saya adalah:
- Berapa sewajarna pembagian omzet tersebut?
- bila saya saya harus membagi juga antara owner dengan terapis dan trainer, berapa sewajarnya nilai presentasinya?
Terima kasih banyak sebelumnya untuk bantuannya.
Caecillia Purnama via email budicahyadi.bucah@gmail.com
Jawab:
Sdr. Ceacil semoga anda senantiasa sehat & sukses dalam menjalankan aktivitas bisnis Hypnoterapinya, berikut jawaban kami terhadap cara memilih bisnis Franchise dan panduan pembagian hasil usahanya:
Tips Memilih Bisnis Franchise
Sangat penting anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan bisnis franchise ada, berikut beberapa hal yang bisa anda jadikan pertimbangkan sebelum memutuskan bekerja sama bisnis Franchise.
Bentuk Bagi Hasil Usaha Franchise
Sangat penting anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan bisnis franchise ada, berikut beberapa hal yang bisa anda jadikan pertimbangkan sebelum memutuskan bekerja sama bisnis Franchise.
- Pilihlah merk dagang (brand) yang sudah establish sehingga jaminan keamanan investasi anda lebih terjamin dibanding memilih brand baru yang belum dikenal orang dan memerlukan perjuangan panjang untuk establish.
- Pilihlah produk yang punya long term circle yaitu produk yang kemungkinan siklusnya panjang seperti bisnis waralaba sembako atau bila kuliner, pilihlah makanan pokok, kesehatan dan pendidikan biasa memiliki masa siklus yang tidak pernah sepi, artinya effort anda untuk survive dan berkembang lebih mudah dibanding bila anda memilih produk baru walau dengan embel-embel asing, tapi effort dan pengorbanan anda kemungkinan lebih berat atau bahkan bankrut. Banyak sekali kita lihat "bangkai" booth franchise dimana-mana karena usahanya tidak survive dan bankrut.
- Pilihlah mitra Franchisor yang memiliki manajemen yang baik dan professional, ini sangat penting karena akan menentukan service level usaha franchise anda. Dukungan yang kuat dari Franchisor terkait manajemen, training, iklan dan kontrol, akan sangat menentukan bisnis Franchise anda survive dan berkembang, bila dukunan Francisor lemah maka jangan menyesal bila sebelum anda menikmati hasil, usaha tersebut sudah keburu mati, ingat passion bisnis Franchise itu ada di pemilik brand (Franchisor) sedangkan anda adalah perpanjangan tangan dari mereka yang belum tentu memiliki passion yang sama dalam bisnis tersebut.
- Lebih baik memilih brand yang sudah terkenal dan Franchisor yang professional walaupun royalty dan bagi hasilnya lebih mahal tapi sekali lagi ingatlah, hargai modal investasi anda sebelum menyesal kemudian.
Bentuk Bagi Hasil Usaha Franchise
- Tidak ada batasan pola pembagian hasil bisnis Franchise antara pemilik merk dagang (Franchisor) dengan mitra usahanya (Franchisee) dengan beberapa contoh berikut:
- Pembayaran sejumlah dana di awal biasanya dalam jumlah besar dengan batasan waktu pemakaian brand.
- Pembagian omzet kotor seperti yang ditawarkan oleh pemilik Hypnoterapy teman anda di Jakarta dengan porsi pembagian omzet tertentu.
- Pembagian profit/keuntungan bersih seperti yang dilaksanakan oleh waralaba ritel besar seperti Alfamart dan Indomart dengan porsi pembagian keuntungan tertentu dalam periode tertentu, bulanan, triwulan atau tahunan.
Jumlah Royalty dan Bagi Hasil Usaha Franchise yang Wajar
Tidak ada patokan besaran atau kewajaran pembayaran royalty dan atau hasil usaha Franchise, parameternya adalah semakin terkenal merk dagang maka akan semakin mahal biaya royalty di awal dan atau bagi hasil yang diminta pihak Franchisor. Walau tidak ada patokan yang baku, tapi anda dapat menjadikan contoh perhitungan berikut sebagai salah satu paramerer bahan pertimbangan anda:
- Nilai wajar jumlah pembayaran royalty diawal dapat diukur dengan membagi jumlah tersebut dengan masa pemakaian brand tersebut, misalnya bila royalty Rp. 60 juta untuk 5 tahun, maka sama saja anda membayar sewa brand sebesar Rp. 1 juta/bulan, apakah itu wajar? semua tergantung penilaian kita bukan?
- Hitung profit bersih setiap produk Hypnoterapy dan Training Frenchise tersebut, misalnya bila profit 50% dari harga jual, maka bagi hasil 20% dari omzet untuk bisnis jasa sama dengan 40% bagi hasil dari keuntungan menjadi milik Franchisor (20% : 50%) dan anda 60%, semakin besar rasio keuntungan hak anda maka semakin baik.
- Hitung periode balik modal investasi anda, dengan cara membagi Total Investasi anda dengan Keuntungan Bersih per bulan. Misal total Investasi anda Rp. 500 juta : Proyeksi Keuntungan Bersih hak anda rata/rata per bulan 10 juta hasilnya adalah 50 bulan kemungkinan investasi anda balik modal, paremeternya semakin cepat semakin baik.
Pola kerjasama antara anda dengan tenaga terapis dan trainer bisa dilakukan dengan pola bagi hasil atau honorarium seperti gaji, hal ini seharusnya sudah diatur dan menjadi standard yang ditetapkan oleh Franchisor, agak mengherankan bila pihak Franchisor membebaskan anda bekerja sama dengan Terapis dan Trainer tanpa pola pembayaran atau belum diatur, seharusnya hal tersebut tidak membingungkan anda tapi sudah harus menjadi Standard Operational Procedure (SOP) dari pemilik brand yang bekerjasama dengan anda, dan bila saya ada di posisi anda, maka hal ini akan menjadi salah satu pertimbangan saya dalam memilih mitra Franchisor yang harus memiliki Wealth Management.
Demikian jawaban sederhana saya, semoga bermanfaat.
Hormat Saya
Budi Cahyadi
Support by:
Perlu Interior untuk Outlet/Toko? www.dapurmodern.net, Juara Desain, Kualitas & Harganya
Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:
FREE GUARANTED
Perlu Interior untuk Outlet/Toko? www.dapurmodern.net, Juara Desain, Kualitas & Harganya
Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:
e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333
ConversionConversion EmoticonEmoticon